Olahraga Pilihan

5 Manfaat yang Kamu Dapatkan dari Berenang

BRALING.COM, PURBALINGGA – Setiap aktifitas olahraga pasti memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa manfaat dari olahraga berenang?

Tentu saja manfaat berenang bukan bersenang-senang sambil berbasah-basahan basah dan byar byur saja. Ada lima manfaat yang bisa kamu rasakan saat rajin berenang.

Latihan kardio dan kekuatan

Gerakan badan secara terus menerus dan konsisten saat berenang adalah bentuk dari olahraga kardio. Dengan berenang, otot mengalami tekanan yang stabil sehingga sama artinya tubuh kamu sedang latihan kardio sekaligus kekuatan.

Bagus untuk paru-paru

Berenang membuat tubuh belajar untuk menggunakan oksigen secara efisien. Tubuh belajar mengambil udara segar di setiap hela napas dan melepas karbondioksida di setiap buang napas. Bahkan berenang merupakan olahraga pernapasan yang refalif rilek dibanding olahraga lari.

Membuang stres

Berenang memberikan manfaat khusus untuk menaikkan suasana hati. Berendam dalam air menumpulkan membuat tubuh lebih santai. Mengapung di kolam itu juga diyakini efektif mengurangi gejala stres kronis.

Merangsang kecerdasan otak

Ketika berenang, aliran darah ke otak meningkat sampai 14 persen. Tekanan air di rongga dada diyakini berhubungan dengan hal itu. Saat ini periset meneliti apakah olahraga air memperbaiki aliran darah ke otak lebih baik dibandingkan olahraga lainnya.

Memberi pengalaman baru

Dengan kemampuan berenang, sesi liburan akan semakin berwarna. Pilihan berenang tak hanya ada di kolam renang, namun juga bisa snorkeling di pantai atau danau yang bersih. Pengalaman seru pun sudah pasti siap menyapa.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.