Gaya Pilihan

Film Pelajar Purbalingga Juara I di FFPI 2016

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dunia film pendek Purbalingga menyabut datangnya tahun 2017, dengan prestasi. Film cinta berlatar politik tahun 1965 bertajuk “Izinkan Saya Menikahinya” menjadi Juara I kategori pelajar Festival Film Pendek Indonesia (FFPI) 2016.

Penganugerahan festival yang diadakan di Kompas TV, Jumat, 20 Januari 2017 di Bentara Budaya Jakarta. Seluruh nominee diundang untuk menghadirinya.

Salah satu juri, Ifa Isfansyah menilai, film karya pelajar SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga ini sarat makna kemanusiaan selain mumpuni secara teknis. “Juri tidak menyangka, anak SMA bisa kritis mengemas persoalan dalam film,” kata Ifa.

Film “Izinkan Saya Menikahinya” berkisah seorang bidan bernama Suryati yang kebahagiaannya terenggut lantaran sepucuk surat penolakan izin menikah dari atasan Suryono, calon suaminya. Alasannya, KTP kakek Suryati berlabel ET (eks-tahanan politik). Sebagai tentara, Suryono wajib patuh pada pimpinan.

Saat penganugerahan, pemeran Risa Romantika yang memerankan Suryati mengaku senang dan bangga dapat berpartisipasi di film yang diproduksi adik-adik kelasnya.

“Namun sayang, kegiatan ekstrakurikuler mereka dibubarkan sekolah justru karna memproduksi film yang berprestasi ini yang oleh pihak sekolah dinilai sensitif,” ujar mahasiswi kebidanan ini.

Dalam catatan CLC Purbalingga, film pendek yang diproduksi tahun 2016 ini berhasil mengukir prestasi antara lain, film terbaik fiksi SMA Festival Film Purbalingga (FFP) 2016, film terbaik kategori film pendek pelajar Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016, best short fiction film Ucifest 2016, lolos kurasi Psychofest 2016, dan film terbaik III Binus Film Week 2016.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.