Pawarta Pilihan

Jangan Ada Pungli di Pelayanan Publik!

BRALING.COM, PURBALINGGA – Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengingatkan supaya Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Purbalingga menghindari praktik pungutan liar.

“Sebagai pelayan masyarakat, kita berkewajiban memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat, bukan malah mempersulit bahkan melakukan praktik pungutan liar,” kata Wabup Tiwi saat Apel Pagi di Kantor Kecamatan Mrebet, Rabu 25 Januari 2017.

Untuk melawan pungli, Pemkab Purbalingga sudah membentuk Tim Saber Pungli  yang diketuai Waka Polres Purbalingga. Tim ini akan memantau pelayanan SIM, E-KTP, Kartu Keluarga,  pelayanan Samsat. “Juga pelayanan lain yang dimungkinkan terjadinya pungli,” kata Wabup Tiwi.

“Jika ada pungutan diluar ketentuan, maka segeralah melaporkan kepada pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tempat pelayanan publik, atau melaporkan ke Tim Saber Pungli,” kata Wabup Tiwi.

Ia juga mengingatkan bahwa pungutan pologoro sudah dihapuskan. Pelayanan pengurusan administrasi jual beli tanah di desa tidak ada pungutan liar. “Jangan sampai pungutan ini terjadi dengan dalih sumbangan apapun,” kata dia.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.