Lanud Wirasaba
Pawarta Pilihan

Menhub Segera Bahas Rencana Bandara Jenderal Soedirman

BRALING.COM, PURBALINGGA – Rencana pengembangan panglanan udara (Lanud) Jenderal Besar Soedirman di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja menjadi bandara komersial semakin menemukan titik terang.

Ini dibuktikan dengan datangnya Direktur Bandara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Yudhi Sari Sitompul MM ke wirasaba, Jumat, 6 Januari 2016. Yudhi Sari Sitompul datang atas perintah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Pada hari Minggu, 8 Januari 2016, akan kami bahas dengan Bapak menteri, dan pada hari Rabu 11 Januari 2016, Bupati Purbalingga akan kami undang ke Jakarta untuk bertemu dengan Menhub,” kata Yudhi Sari Sitompul kepada wartawan.

Pengembangan bandara di Purbalingga jadi bagian dari rencana pengembangan kawasan Jawa Tengah bagian selatan. Bandara Tunggulwulung di Cilacap sudah tidak memungkinkan untuk dikembangkan, karena alasan keamanan penerbangan.

“Lanud Jenderal Soedirman yang sangat memungkinkan. Hal ini dengan dukungan ketersediaan lahan, dan dukungan Pemkab Purbalingga yang melakukan percepatan pembangunan infrastruktur pendukung serta dukungan Pemkab sekitarnya,” kata Yudhi.

Direktorat Perhubungan Udara menyiapkan anggaran untuk pembangunan pengembangan bandara. Dana itu bisa dikeluarkan setelah perjanjian kerjasama antara Mabes TNI dan Kemenhub sudah diwujudkan.

“Begitu sudah ada Memorandum of Understanding, maka anggaran akan kami keluarkan. Untuk Lanud Soedirman nantinya difokuskan membangun landasan pacu terlebih dahulu. Untuk pembangunan Runway En Safety Area (RESA) atau Pengamanan areal Runway lahannya sudah disediakan Pemkab Purbalingga,” katanya.

Bupati Tasdi mengatakan, Pemkab Purblaingga sangat berharap Pemerintah Pusat akan segera bisa merealisasikan pembangunan bandara. “Kami atas nama masyarakat Purbalingga akan meminta realisasi pembangunan bandara Soedirman,” kata Tasdi.

Realisasi Bandara Soedirman diyakini bakal mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Purbalingga dan pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat Purbalingga dan sekitarnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Udara Jenderal Besar Soedirman Letkol Penerbang Suparjo ST MM berkata, izin prinsip dari Mabes TNI AU untuk menjadikan bandara Soedirman sebagai bandara komersial sudah ditandatangani pada 9 September 2014.

BANGKIT WISMO

One thought on “Menhub Segera Bahas Rencana Bandara Jenderal Soedirman”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.