Wabup Purbalingga Tiwi
Pawarta

Wabup Tiwi Senang Pemuda Menggerakan Ekonomi Kreatif

BRALING.COM, PURBALINGGA – Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengaku sangat senang saat banyak anak muda di Kota Perwira yang terjun menjadi wirausaha. Terutama di sektor ekonomi kreatif.

Wabup Tiwi mengatakan hal itu saat menerima audiensi dengan pegiat Purbalingga Business Center (PBC) di rumah dinas, Jumat, 6 Januari 2016. “Saya sangat senang kalau ada anak-anak muda yang bergerak di ekonomi kreatif,” kata dia.

Antusiasnya itu karena Wabup Tiwi banyak melihat anak-anak muda di Purbalingga yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan, kemudian hanya menganggur. Akhirnya, mereka malah semakin dekat narkoba, seks bebas sampai tindakan kriminal lainnya.

“Kalau mereka diarahkan untuk merintis usaha, sekalipun dalam bentuk UMKM, pasti hidupnya akan lebih baik. Dan, kemudian, mereka bisa memberi pekerjaan untuk orang-orang di sekitarnya,” kata Wabup Tiwi.

Karena itu, Wabup Tiwi berkomitmen untuk mengajak Bupati Purbalingga, Tasdi untuk memfasilitasi ruang-ruang kreatif bagi wirausaha muda. “Kalau UMKM kan sudah sering, kedepan enterpreneur muda yang kreatif ini juga perlu difasilitasi,” ujar dia.

Kasi Kewirausahaan di Dinas UMKM dan Koperasi Purbalingga, Adi Purwanto mengaku bahwa anak-anak muda di sektor ekonomi kreatif ini belum terfasilitasi dengan baik. Selama ini, dinas masih fokus pada UMKM dan usaha kecil di desa.

“Selama ini, komunikasi dengan komunitas anak muda seperti ini memang baru secara informal. Belum sampai fasilitasi formal melalui program-program yang direncanakan,” kata Adi yang juga turut membidani lahirnya Purbalingga Business Center.

Pegiat PBC, Ade menambahkan bahwa pada dasarnya banyak anak muda yang sangat kreatif di bidangnya. Sayangnya, mereka tidak terfasilitasi dengan baik, sehingga jalan sendiri-sendiri. “Sebenarnya, Purbalingga itu mampu mengembangkan ekonomi kreatif,” kata Ade.

Pegiat PBC, Andi Pranowo menjelaskan bahwa PBC tidak hanya diisi oleh pegiat UMKM yang sudah punya usaha level berkembang. Akan tetapi juga menjadi wadah bagi anak-anak muda yang sedang merintis usahanya.

Untuk tahun 2017 ini, PBC sudah menyiapkan beberapa program seperti Kelas Bisnis, Talkshow Ayo Sukses hingga sarasehan bisnis. “Melalui program ini, kami terus berusaha untuk mendata anak muda kreatif yang ingin menjadi enterpreneur,” kata Andi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.