Pawarta

Yuk Tonton Puisi-Puisi Melawan Terorisme di GOR Mahesa Jenar

BRALING.COM, PURBALINGGA – Puluhan penyair dari berbagai kota akan datang ke Purbalingga untuk menyerukan perlawanan terhadap terorisme dan radikalisme. Mereka akan melawan lewat puisi-puisinya.

Mereka akan membacakan puisinya dalam gelaran Roadshow Launching dan Parade Pembacaan Puisi Antologi Puisi Memo Antiterorisme di panggung terbuka GOR Mahesa Jenar Purbalingga, Jumat malam, 27 Januari 2017.

“Budaya toleransi lahir, tumbuh dan berkembang sejak zaman nenek moyang serta menjadi ajaran bagi semua agama di Indonesia,” kata ketua panitia, Trisnanto Budidoyo.

“Namun belakangan terakhir, budaya itu tercederai dengan aksi terorisme dan radikalisme yang mengatasnamakan agama dan tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indnesia,” kata Trisnanto dalam keterangan pers yang diperoleh Braling.com.

Acara ini digelar kerja sama antara Komunitas Teater Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga dengan Komunitas Memo Penyair dan Polres Purbalingga.

Trisnanto menegaskan bahwa acara tersebut merupakan salah satu bentuk kecaman para seniman terhadap aksi terorisme dan radikalisme yang terjadi di Indonesia belakangan ini, di Purbalingga khususnya.

Koordinator Komunitas Memo Penyair, Sosiawan Leak berkata, komunitasnya terdiri atas penulis puisi yang peduli terhadap persoalan-persoalan krusial di tengah kehidupan masyarakat Indonesia.

Melalui jalan kebudayaan dalam hal ini puisi, komunitas ini mencoba berperan aktif untuk mengambil bagian dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik serta berkeadilan.

Antologi Puisi “Memo Antiterorisme” melibatkan 250 penyair dari seluruh kota di wilayah Indonesia. Sejak November 2014 komunitas ini juga melakukan launching buku di berbagai wilayah dalam wujud pembacaan puisi, pentas seni, seminar hingga diskusi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.