Gaya Pilihan

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Posting di Medsos

BRALING.COM, PURBALINGGA – Di zaman seperti sekarang ini, siapa yang tak suka mem-posting di akun media sosial? Banyak hal yang sudah diunggah para pengguna media sosial, mulai dari aktifitas bangun tidur sampai dengan tidur lagi.

Akan tetapi, dengan banyaknya informasi di media sosial, termasuk juga berbagai kabar yang hoax, Psikolog dari Universitas Indonesia, Maharani Ardi Putri menyarankan agar pengguna media sosial jangan asal-asalan saat posting atau share.

Maharani berkata, berbicara di medsos juga ada etikanya. Sebelum mem-posting perlu dipikirkan ada manfaatnya atau tidak. “Kalau cuma mau ngedumel, pamer rasa marah, sedih, atau mau jadi orang paling merana di dunia, lebih baik ditahan dulu,” ujar Maharani seperti dikutip dari Tempo.co.

Masyarakat di medsos tetap memerlukan berita-berita baik, karena hidup sekarang sudah susah. Cerita buruk tidak akan menghibur orang lain. Kata Maharani, yang terhibur dengan berita buruk hanya orang-orang yang mungkin hidupnya terlalu merana.

“Jadi, kalau mau forward berita, cek dulu bener-tidaknya berita tersebut. Kalau tidak, berarti Anda ikutan menyebar info salah dan menyesatkan orang lain,” kata dia.

Dia menyarankan supaya para pengguna media sosial tidak perlu berbicara atau komentar kasar di medsos orang. “Kalau Anda tak kenal betul dengan orang itu, Anda juga sebetulnya bukan orang yang tepat untuk mengomentarinya,” ujar Maharani.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.