Pawarta Pilihan

Purbalingga Melawan Berita Hoax

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga menyebarkan kampanye berita anti-hoax. Kampanye ini aktif dilakukan melalui media sosial maupun siara radio.

Kampanye di Kota Braling ini dimotori oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga bersama Forum Wartawan Purbalingga (FWP) untuk memeringati Hari Pers Nasional.

Kepala Bidang Humas dan Informasi Komunikasi Publik pada Dinkominfo Purbalingga Ir Prayitno MSi berkata, kampanye ini dilakukan karena semakin banyak pengguna media sosial yang berbagi informasi secara asal-asalan. Baik dari sisi sumbernya maupun isinya.

Prayitno berpendapat, informasi hoax sangat rentan menimbulkan hal-hal negatif. Seperti memancing amarah, kekacauan, memunculkan keresahan, dan memecah belah persatuan dan kesatuan.

Karenanya, Dinkominfo Purbalingga berharap masyarakat Kota Perwira ini berhati-hati dalam menulis atau mengomentari sesuatu. Masyarakat juga diminta jangan langsung percaya terhadap suatu informasi. Lakukan konfirmasi untuk mengecek kebenarannya terlebih dahulu.

Banyaknya berita bohong tak lepas dari rendahnya budaya literasi di Indonesia. Rendahnya budaya ini memengaruhi cara masyarakat merespon informasi secara mentah-mentah.

“Tingkat informasi yang diunggah di sosial media itu, nyaris tanpa literasi alias seringkali ngawur. Maka yang terjadi adalah hoax yang bikin ‘hoex’,” kata Prayitno.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.