Pawarta Pilihan

Taukah Anda, Tertawa itu Sangat Baik Bagi Kesehatan?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Tersenyum dan tertawa akan membuat hati bahagia. Bahkan, orang yang hidupnya bahagia akan membuat tubuh memiliki kekebalan yang lebih baik.

Dikutip dari National Geographic Indonesia, tersenyum akan membantu paruparu, otot dan jantung semakin banyik serta menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan, ketika tersenyum, tubuh akan lebih santai rileks.

Disebutkan, tertawa yang dapat meningkatkan serotonin dan endorfin di otak, sehingga akan mengurangi hormon stres dalam tubuh. Endorfin dikenal sebagai obat alami penghilang rasa nyeri di tubuh.

Selain itu, tertawa mampu mengurangi kecemasan, kekhawatiran, meningkatkan perasaan positif, dan meningkatkan rasa bahagia. Saat tertawa, seseorang akan lupa dengan masalah berat yang sedang dialaminya.

Dibanding dengan tersenyum, gerakan tubuh saat tertawa akan lebih banyak. Tertawa dinilai dapat membantu membakar kalori dan membuat sistem cardio tubuh menjadi aktif.

Bersosialisasi dengan teman atau komunitas, bermain dengan hewan peliharaan, bermain dengan anak-anak, membaca buku atau menonton tayangan televisi yang lucu membantu seseorang melepaskan senyum dan tawa.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.