Gaya Pilihan

4 Hal Penting Sebelum Brand Menggunakan Media Sosial

BRALING.COM, PURBALINGGA – Di era serba terkoneksi ini, media sosial tak bisa lagi lepas dari proses marketing. Biaya yang relatif murah serta dampak yang maksimal menjadi pertimbangan utama brand menggunakan media sosial.

Tantangan berikutnya ialah pemanfaatan media sosial sebagai cara pemasaran yang tepat dan terarah. Kampanye online yang tepat bisa mengurangi biaya promosi yang dibebankan kepada brand.

Berikut ini ada empat hal yang perlu diketahui pemasar ataupun brand sebelum menggunakan media sosial.

Pilih Media Sosial yang Tepat

Di Indonesia, satu orang bisa memiliki lebih dari satu media sosial. Terlebih terkait dengan aplikasi chatting. Jangan terjebak dengan banyaknya media sosial, namun baiknya fokus pada penggunaan media sosial yang paling cocok dengan image produk atau brand.

Facebook, Instagram, Google+, Path, Pinterest maupun Linked mempunyai spesiafikasi dampak masing-masing. Pilih media sosial dimana segmen produk/ brand banyak menggunakannya.

Buat Konten Menarik, Bernilai & Shareable

Konten menarik juga akan memberikan meningkatkan nilai brand. Setiap konten yang dibagikan harus bisa meningkatkan respon konsumen terhadap brand. Di era sekarang, konten yang disampaikan dengan story telling lebih banyak direspon.

Tak perlu takut jika menyebarkan konten dalam bentuk foto maupun video. Media sosial memungkinkan konten foto maupun video lebih bisa diterima calon konsumen. Jika perlu, gunakanlah brand ambasador.

Influencer juga Penting Loh

Jangan meremehkan pengaruh besar influencer atau biasa dikenal sebagai selebtwit ataupun selebgram. Mereka punya pengikut yang sangat solid dan mudah diarahkan. Menggunakan influencer lebih mudah untuk menjangkau konsumen.

Namun, jangan asal-asalan meemilih influencer. Dikutip dari Marketeer.com, mereka itu punya audiens yang berbeda-beda. Selain itu, belum tentu satu influencer punya kesesuaian image dengan brand yang sedang dibangun.

Menggunakan Social Campaigns

Media sosial itu personal. Orang semakin selektif memilih apa saja yang akan ditampilkan di media sosialnya. Berbagai platform pun semakin canggih dan tertarget. Daripada mengandalkan organic reach, sebaiknya manfaatkan paid campaigns di jejaring sosial.

Jadi, mau kampanye brand di media sosial mana?

 

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.