Olahraga Pilihan

Benarkah Gerakan Sit-Up Membuat Perut Rata?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Banyak orang yang menjadikan gerakan sit-up sebagai olahraga andalan untuk membuat perut rata. Tapi, benarkah olahraga sit up akan membakar lemak di bagian perut?

“Sit up sayangnya tidak akan mengurangi lemak di bagian dalam perut. Sebenarnya cuma mitos jika disebut latihan ini efektif meratakan perut,” kata personal trainer Nicola Addison seperti dikutip dari National Geographic Indonesia.

Hal ini karena gerakan sit-up hanya efektif untuk membentuk otot perut. Sementara lemak perut bersembunyi jauh di bagian bawah perut, bahkan terkadang menyelimuti organ-organ bagian dalam seperti liver atau usus.

Pada dasarnya, jelas Addison, diperlukan olahraga yang menggunakan seluruh otot tubuh untuk menurunkan berat badan. “Langkah pertama adalah membangun otot. Belajarlah menyukai beban untuk berolahraga,” kata Addison.

Pilih menu gerakan yang membuat otot dan sendi bergerak bersamaan, misalnya saja plank. Rutin melakukan latihan ini akan menguatkan batang tubuh, menguatkan dinding perut, melindungi punggung dan menekan perut.

Jangan lupakan juga untuk menjaga pola makan. Kurangi makanan yang diproses, gula, garam, serta lemak jenuh. Perbanyak asupan protein saat banyak melakukan olahraga.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.