Pawarta Pilihan

GOR Mahesa Jenar Akan Direvonasi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga kembali mengutarakan niatannya untuk merenovasi GOR Mahesa Jenar. Pemugaran itu diharapkan bisa membantu memfasilitasi gairah seni dan budaya di Kota Braling.

Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi berkata, dana untuk renovasi gedung itu sudah dipersiapkan. “Tujuannya adalah untuk nguri-nguri budaya lokal,” kata Wabup Tiwi di Aula Soedirman Dindikbud, Selasa 14 Maret 2017.

Dalam beberapa hari terakhir, di Facebook mulai ada perbincangan soal perubahan nama GOR. Ada yang menilai nama Mahesa Jenar masih belum Purbalingga banget.

“Pada hari ini saya mengajak semuanya untuk melestarikan kesenian lokal kita khususnya karawitan, sinden dan wayang agar bisa disosialisasikan kepada generasi muda agar tetap membumi,” kata dia di pembukaan Pelatihan Pembina Karawitan dan Sindenan serta Workshop Wayang.

Selain rencana itu, Pemkab Purbalingga juga akan membelikan seperangkat gamelan untuk dibagikan ke tiap kecamatan. Harapannya, kesenian darah bisa terus lestari.

Mengenai pelatihan di Aula Dindikbud, Kabid Pembinaan Kebudayaan Dindikbud Purbalingga, Sri Kuncoro menuturkan, pelatihan ditujukan sebagai usaha penyelamatan warisan seni budaya bangsa khususnya seni budaya lokal.

Pelatihan ini diikuti oleh pembina karawitan dan sindenan juga pelajar berbakat sejumlah 100 orang. Peserta workshop wayang sebanyak 40 orang yang terdiri dari dalang muda perwakilan dari kecamatan di Purbalingga.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.