Pawarta Pilihan

Negara Paling Bahagia di Bumi, Posisi Indonesia?

BRALING.COM, PURBALINGGA – PBB merilis World Happiness Report pada saat perayaan Hari Kebahagiaan Internasional atau International Happiness Day, Senin 20 Maret 2017. Program ini sudah dirilis PBB sejak 2012.

PBB mengurutkan peringkat 155 negara di dunia berdasarkan tingkat kebahagiaan penduduknya. Faktor penilaiannya adalah pendapatan per kapita, dukungan sosial, hidup yang sehat, kebebasan sosial, kedermawanan, serta level korupsi.

Laporan ini dibuat dengan fokus pada pondasi sosial dalam mencapai kebahagiaan dan mengeksplorasi lebih detail berbagai faktor sosial yang dapat mempengaruhi tingkat kebahagiaan individu di tiap negara.

Dikutip dari National Geographic Indonesia, negara yang paling bahagia di bumi pada tahun ini adalah Norwegia. Kemudian secara berurutan ada Denmark, Islandia, Swiss, Finlandia, Belanda, Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Swedia.

PBB menyebut Yaman, Sudan Selatan, Liberia, Guinea, Togo, Rwanda, Suriah, Tanzania, Burundi, dan Republik Afrika Tengah sebagai negara yang berada di sepuluh besar terbawah daftar negara bahagia.

Amerika Serikat mengalami kemerosotan kebahagiaan. Jika tahun 2016, AS ada di peringkat ke-13 dan kini ada di peringkat ke-19. Penurunan ini juga dialami Indonesia, yang turun dua peringkat.

Tahun ini, Indonesia menduduki peringkat ke-81. Indonesia berada di bawah Filipina (72) Malaysia (42), Thailand (32), dan Singapura (26), namun berada di atas Vietnam (94), Myanmar (114), dan Kamboja (129).

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.