Pilihan Plesir

Purbalingga Kembangkan 6 Desa Wisata Baru, Mana Saja?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga nampaknya belum surut semangat untuk mengembangkan desa wisata. Tahun ini, ada enam desa yang ditetapkan sebagai desa wisata.

Tahun 2017 ini Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga telah menyiapkan enam fasilitator untuk pengembangan potensi masing-masing desa tersebut.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinporapar Purbalingga, Mulyanto menjelaskan desa itu yang dimaksud ialah Desa Bumisari di Kecamatan Bojongsari, Bokol di Kecamatan Kemangkon, Kaliori di Kecamatan Karanganyar serta dua desa di Kecamatan Rembang, Gunung Wuled dan Bantarbarang.

“Aktivitas di beberapa desa memang sudah berjalan sejak setahun belakangan. Tapi perlu dikemas lebih menarik. Oleh karena itu, butuh peran dari fasilitator,” kata dia seperti dirilis Dinkominfo Purbalingga.

Desa Bumisari di Kecamatan Bojongsari akan mengandalkan Curug Dhuwur, Curug Sawangan dan Curug Mangli. Kemudian, belajar membuat gula kelapa dan menari Dames.

Desa Bokol, mengandalkan Sanggar Seni ‘Darimu’ dan kuliner tradisional. Desa Kaliori mengandalkan konsep Jimbrani alias Jimbaran Mini dan Pesona alam Kedung Cucruk.

Desa Gunung Wuled akan fokus mengembangkan sumber air panas Kalianget dan Si Penthul serta Curug Bawahan, Kalipete dan Panyatan. Sementara Desa Bantarbarang, andalkan Jembatan Pelangi dan Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman.

Kini, kata Mulyanto, Purbalingga telah memiliki 10 desa wisata dan 6 rintisan desa wisata. “Membangun sebuah desa wisata perlu proses dan tidak instan. Butuh kerjasama dengan berbagai pihak dan proses pengkajian yang matang,” ujarnya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.