Pawarta Pilihan

Waduh, Penderita HIV/AIDS di Purbalingga Tambah Lagi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Jumlah penderita Human Immunodeficiecy Virus (HIV) Acquiered Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kota Perwira ini semakin memprihatinkan. Bahkan, mayoritas penderitanya adalah kaum perempuan.

Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan jumlah penderita HIV/AIDS sudah menembus 169 penderita di Februari 2017 kemarin. Dan kini, jumlahnya sudah bertambah 19 penderita baru.

“Saya sudah mendapat laporan/informasi, bahwa sampai dengan bulan Pebruari sudah ada  19 orang terjangkit HIV, itupun yang baru diketahui melaui tes sukarela, mungkin yang belum terdeteksi dilapangan masih banyak,” kata Wabup Tiwi.

“Bahkan berdasarkan informasi terakhir ada seorang ibu dan bayi yang mendertia penyakit tersebut tertular oleh suaminya,” ungkap dia.

Data menyedihkan itu dipaparkan Wabup Tiwi saat Sarasehan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) di Kecamatan Kutasari Kamis 23 Maret 2017. Ia berharap masyarakat Purbalingga lebih perhatian terhadap masalah ini.

Heny Ruslanto dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Purbalingga mengaku bahwa penderita HIV/AIDS di Purbalingga terus meningkat. Persebaran HIV/AIDS terbanyak ada di Kecamatan Purbalingga, Padamara, Kutasari, Bobotsari dan Kejobong.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.