Pawarta

IAIN Purwokerto Kirim 328 Mahasiswa ke Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto mengirimkan 328 mahasiswa untuk melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) tematik Pengentasan Kemiskinan di Kota Perwira ini.

Mereka akan melaksanakan tugasnya selama 45 hari di 38 desa yang terdapat di Kecamatan Mrebet dan Kecamatan Kemangkon. Dua wilayah itu ialah kecamatan yang masih memiliki jumlah penduduk miskin tinggi di Purbalingga.

Sekretaris Bapelitbangda, Siswanto mengungkapkan Kecamatan Mrebet menempati urutan ketiga jumlah penduduk miskin di Purbalingga yakni 9.280 keluarga, sementara di Kecamatan Kemangkon ada 8.402 KK terkategori miskin.

Saat penerimaan KKN IAIN Purwokerto di Pendopo Dipokusumo, Senin 3 April 2017, Asisten administrasi Umum, Widiyono berkata, program ini diharapkan bisa merangsang masyarakat untuk hidup lebih sejahtera.

“Tingkat kemiskinan Kabupaten Purbalingga Tahun 2015 sebesar 19.70 persen atau 176.490 jiwa dengan garis kemiskinan Rp 282.366 perkapita perbulan, dan menempati peringkat ke empat di Jawa Tengah,” kata Widiyono.

Rektor IAIN Purwokerto, A Lutfi Hamidi menjelaskan, KKN tematik ini merupakan salah satu cara penanggulangan kemiskinan, karena penanggulangannya  harus dilakukan secara sistemik dan menyeluruh.

“Karena Purbalingga juara empat maka tugas berat yang harus dilakukan para mahasiswa yakni focus membantu pemkab Purbalingga. Lebih penting membantu masyarakat untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan meraka,” kata dia.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.