Pawarta Plesir

Pelaku Desa Wisata Ikut Pelatihan Water Rescue

BRALING.COM, PURBALINGGA – Purbalingga mendorong kualitas potensi wisata alam berbasis air di Kota Perwira ini. Salah satu caranya yakni dengan membekali para pelaku wisata itu denga keterampilan water rescue.

Pelatihan penanganan pertolongan pertama kecelakaan di dalam air ini melibatkan pemateri dari Purwokerto Rescue dan diikuti 30 pelaku wisata dari 12 desa di Kota Perwira.

“Harapannya, ketika terjadi kecelakaan mereka telah memiliki kemampuan penyelamatan sesuai dengan standar penyelamatan kecelakaan air,” ujar Kasi Usaha Industri Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar), Suryani Kurniati.

Pelatihan water rescue tersebut digelar di Curug Duwur yang berada di Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari. Pelatihan diberikan dalam bentuk teori dan juga praktik.

“Kita harapkan semua petugas wisata di Kabupaten Purbalingga ketika ada kejadian bisa langsung terjun memberikan penanganan kepada pengunjung yang mengalami kecelakaan di wahana wisata yang dikelola,” kata Jabrig, instruktur dari Purwokerto Rescue.

Tehnik pertolongan dan penyelamatan di air yang diberikan kepada para peserta seperti upaya pencarian dengan teknik sweeper swim. Sedangkan upaya penyelamatan bisa dilakukan dengan teknik Jim Carry, teknik senam rescue, Garry Piston dan team carry.

Terpenting, Jabrik menambahkan, pengelola wisata harus melakukan pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan dengan melakukan mitigasi, penyiapan papan peringatan dan pemenuhan peralatan keselamatan yang memadai.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Desa Bumisari, Nursaiwan berkata, pelatihan ini diharapkan membantu peningkatan kualitas kenyamanan pengunjung yang datang ke Desa Bumisari.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.