Pawarta Pilihan

Pengumpulan Dana Sosial secara Online Semakin Ngetren

BRALING.COM, JAKARTA – Isu pendanaan tampaknya bukan lagi menjadi hal yang sensitif bagi masyarakat yang kian terkonek. Adanya trend pengumpulan dana sosial atau filantropi secara online ialah salah satu penandanya.

Dini Indrawati Septiani, Associate Director of Philanthropy, di  lembaga nonprofit internasional yang bergerak di bidang lingkungan dan konservasi alam berkata bahwa pengumpulan dana secara online menjadi salah satu alternatif pengumpulan dana.

Bahkan penggunaan platform ini bisa digunakan untuk menjaring lebih banyak donatur sekaligus monitoring dan evaluasi program itu sendiri. Salah satu platform yang mendapat respon positif dari masyarakat adalah KitaBisa.com.

“Pada periode 2015-2016, Kitabisa tumbuh 800 persen. Ini di luar ekspektasi dan lebih tinggi dari prediksi kami,” ujar Alfatih Timur, Chief Executive Officer (CEO) Kitabisa.com seperti dikutip dari Tempo.co.

Dompet Dhuafa Republika (DD), yang berpengalaman mengelola dana umat sejak 1994, juga mengalami perkembangan dana umat yang semakin besar, berkat  pemanfaatkan teknologi Internet serta praktik penggalangan dana yang baik.

Imam Rulyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa, menjelaskan dunia digital sudah menjadi gaya hidup, termasuk untuk kebutuhan spiritual. Ini menjadi peluang bagi lembaga sosial untuk up to date.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.