Pawarta Pilihan

Di Purbalingga Mau Ada Macan Manis, Apa Itu?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pada April 2017 ini, di Purbalingga bakal ada Macan Manis. Rencananya, Macan Manis ini akan dikenalkan ke publik pada 11 April 2017, tepat bersama hari ulang tahun Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga.

Ternyata, Macan Manis ini adalah program dari Dinas Pertanian Purbalingga. Program ini fokus untuk mendorong masyarakat Kota Braling untuk gemar menanam tanaman holtikultura.

Kasi Perbenihan dan Perlindungan Perkebunan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Purbalingga, Supriyanto menjelaskan bahwa Gerakan Macan Manis merupakan singkatan dari Mama Cantik Menanam Lombok Cengis.

“Alasan lombok cengis, karena jenis tanaman cabe yang adaptasinya lebih tinggi terhadap lingkungan, yang kedua agak resisten terhadap serangan penyakit. Ketiga, lombok cengis termasuk berumur panjang dibandingkan tanaman sejenis. Keempat pada saat yang lalu harga cengis lumayan bagus,” jelas Supriyanto, Jumat 7 April 2017.

Launching program ini akan dilakukan di Alun-alun dan melibatkan 1.250 Kaum Hawa. Mereka berasal dari dari seluruh isteri Forkompimda, gabungan organisasi wanita (GOW), PKK, Aisyiah, Fatayat, Muslimat serta Korpri Wanita.

Di tiap kecamatan juga akan ada penanaman lombok cengis. Masing-masing kecamatan kan dilakukan oleh 250 perempuan. “Pada hari H, nantinya akan ada 5.500 perempuan melakukan  penanaman cabe,” kata dia.

“Tiap orang akan menama 4 pohon cabe sehingga akan ada 22.000 lombok cengis yang akan ditanam pada hari itu. Kegiatan ini juga akan dicatatkan pada rekor Muri,” imbuh dia.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.