Pawarta

Stok Daging Sapi Diyakini Aman Selama Ramadhan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementrian Pertanian yakin bahwa stok daging sapi selama bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2017 cukup tersedia.

Prognosa kebutuhan daging sapi pada April-Juni 2017 diprediksi naik 20 persen atau menjadi sekitar 156.085 ton. Sementara kebutuhan rata-rata per bulan sekitar 50.413 ton, sedang kebutuhan nasional tahun ini 604.966 ton.

Direktur Jenderal PKH Kementan RI, Drh I Ketut Diarmita MP menyebut hal itu saat mengikuti kunjungan Komisi IV DPR RI ke Purbalingga, Rabu 3 Mei 2017.

“Untuk memenuhi ketersediaan daging sapi dan kerbau, kami juga telah meminta komitmen kepada para pelaku usaha importir daging untuk merealisasikan PI (Perizinan Impor) pada bulan Mei dan Juni serta melakukan operasi pasar di sejumlah pasar tradisional yang telah ditentukan. Hal ini juga untuk menjaga stabilitas harga di pasaran,” I Ketut Diarmita menjelaskan.

Sedang kepada para pelaku usaha feedloter, Dirjen PKH Kementan meminta untuk melakukan pemotongan stok sapi bakalan pada bulan Mei dan Juni. Pemkab juga diharapkan mampu mengawasi stok dan pemotongan di rumah pemotongan hewan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.