kopi dunia coffeee bean
Gaya Pawarta Pilihan

Inilah Tradisi Minum Kopi di Dunia

BRALING.COM, PURBALINGGA – Cita rasa dan aroma kopi membuat banyak orang jatuh cinta dan menjadi peminum kopi. Bahkan, ngopi sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia.

Sebagian orang biasa meminum kopi di pagi hari, sebelum memulai harinya. Tetapi ada pula orang yang lebih memilih minum kopi di malam hari, untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Tidak heran jika kedai kopi selalu ramai pengunjung.

Budaya ngopi tak hanya ada di Indonesia. Negara-negara lain juga memiliki budaya ngopi. Tentu saja  dengan waktu penyajian dan penyebutan berbeda.

Dikutip dari situs National Geographic Indonesia, berikut ini beberapa tradisi jeda minum kopi dari seluruh dunia yang menarik untuk disimak:

Fika

Fika adalah waktu minum kopi yang menjadi rutinitas di hari-hari kerja. Para pekerja di Swedia mendapat kesempatan untuk mengobrol dan mengudap kue-kue manis. Karena itulah, konsep kedai kopi di Swedia tak jauh dari konsep Fika.

budaya ngopi di dunia
Kebanyakan bangsa di dunia ini memanfaatkan momen minum kopi untuk bersantai dan bersosialisasi (Thinkstock).

Merienda

Momen ini ada di antara waktu makan siang dan makan malam, masyarakat yang tinggal di beberapa bagian Amerika Latin biasanya akan menikmati secangkir kopi atau teh hangat. Merienda di Argentina identik dengan kopi, susu dan croissant.

Gabelfrühstück

Gabelfrühstück berarti sarapan kedua. Di negara seperti Austria dan Jerman, sarapan pertama biasanya dilakukan dengan cepat, tetapi sekitar pukul 10 dan 11 pagi, mereka meraih cangkir kopi untuk kedua kalinya dan makan kue-kue.

Smoko

Di Selandia Baru, Smoko merupakan waktu untuk menyesap kopi atau teh, yang sering kali ditemani dengan rokok. Saat ini, istilah smokos tak hanya digunakan untuk menyebut istirahat kerja saja, tetapi juga digunakan untuk menyebut jeda minum kopi atau makan camilan.

Buna Tetu

Di Ethiopia, Buna Tetu yang berarti “minum kopi” ialah sebutan untuk upacara minum kopi yang bisa memakan waktu hingga tiga jam untuk mempersiapkannya dan dilakukan tiga kali sehari. Buna Tetu menjadi waktu untuk bersosialisasi, dan menjadi bagian penting dari budaya Ethiopia.

Upacara tersebut dilakukan oleh seorang perempuan dan dimulai dengan ritual untuk mengusir roh-roh jahat. Proses persiapan mencakup beberapa langkah spesifik, mulai dari menyangrai biji kopi mentah kemudian menggiling biji kopi tersebut hingga siap diseduh.

BANGKIT WISMO

2 thoughts on “Inilah Tradisi Minum Kopi di Dunia”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.