tanda-kanker-payudara
Pawarta

Cermati! Tanda-tanda Munculnya Kanker Payudara

BRALING.COM, PURBALINGGA – Selain kanker serviks, jenis kanker yang berbahaya bagi Kaum Hawa adalah kanker payudara. Hal ini karena sel kanker akan terus tumbuh dan menyerang jaringan payudara.

Memiliki risiko ataupun tidak terhadap kanker payudara, setiap perempuan perlu mengenali ciri-ciri kanker payudara. Terutama kanker payudara stadium 1. Agar jika sel kanker tersebut tumbuh, penanganannya tidak terlambat.

Berikut ini adalah ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang bisa Kamu deteksi sendiri.

Ada benjolan di payudara

Benjolan ialah pertanda awal dari munculnya kanker payudara. Benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Dan tidak semua benjolan yang muncul merupakan benjolan kanker payudara.

Benjolan ini dapat dicek sendiri dengan meraba di rumah. Biasanya teraba saat Anda sedang menstruasi. Jika ragu, segera konsultasikan kemunculan benjolan ini kepada dokter.

Warna kulit payudara berubah

Tidak sedikit yang menyangka jika perubahan warna ini sebagai pertanda infeksi. Nah, perubahan warna kulit yang menjadi tanda munculnya kanker ialah kulit payudara akan menjadi kemerahan.

Kemudian seperti terjadi iritasi, tekstur kulit terasa seperti kulit jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit.

Puting terasa sakit

Ciri-ciri dari kanker payudara stadium 1 adalah munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri. Selain itu, ditandai dengan keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak.

Muncul benjolan pada ketiak

Meski disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan pada di bawah ketiak yang Anda temui tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Itulah kenapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Guna mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1 di atas, cobalah untuk rajin melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri atau Sedari setiap bulan atau konsultasikan kondisi kesehatan kepada dokter keluarga.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.