Dekranasda Purbalingga
Pawarta

Dekranasda Purbalingga Gelar Lomba Desain Batik Bagi Pelajar

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dekranasda Purbalingga berupaya menggali kreatifitas sekaligus melestarikan seni batik di Kota Perwira. Salah satunya yakni dengan menggelar lomba desain batik.

Lomba Desain Motif Batik Khas Purbalingga, yakni “Pesona Goa Lawa” ini akan menyasar pelajar sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Kota Perwira dan digelar Sabtu 7 Oktober 2017 di Pendapa Dipakusuma.

Erni Tasdi sebagai panitia menjelaskan bahwa setiap sekolah bisa mengirimkan 1-3 peserta. Namun, bagi pelajar yang sudah pernah mengikuti lomba serupa tingkat provinsi dan nasional tidak boleh ikut.

Motif yang diikutkan dalam kompetisi ini juga harus karya sendiri serta menonjolkan ikon potensi Purbalingga dengan tema Pesona Goa Lawa. “Lomba tidak dipungut biaya,” Erni Tasdi yang juga Ketua TP PKK Purbalingga.

Desain motif batik digambar pada kertas ukuran A3 yang telah disediakan panitia, sedangkan meja kecil, alat gambar dan mewarnai harus dibawa sendiri oleh peserta. Kriteria lomba meliputi keaslian karya, kreatifitas, estetika, kerapihan dan fungsional.

“Harapan Saya kegiatan ini bisa diikuti sebagai bagian dari upaya menggali potensi kreativitas desain batik khususnya batik asli Purbalingga dan juga bagian dari nguri-nguri budaya batik,” kata Erni Tasdi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.