pemilu purbalingga
Pawarta

Purbalingga Mempunyai Lima Dapil di Pileg 2019

BRALING.COM, PURBALINGGA – Meskipun sempat ada wacana untuk menambah jumlah kursi di DPRD Purbalingga pada pemilihan umum legislatif pada 2019 mendatang, KPU Purbalingga menetapkan tidak akan ada perubahan jumlah kursi di DPRD.

Artinya pada Pileg tahun 2019 mendatang, partai politik di Purbalingga masih berebut 45 kursi yang tersedia di DPRD Purbalingga. Jumlah kursi ini berdasarkan Data Agregat Kependudukan (DAK) yang masih dibawah satu juta jiwa.

Purbalingga juga akan hanya punya lima dapil. Sebelumnya, PDI Perjuangan usul ada enam dapil sedangkan PKB mengusulkan tujuh dapil. Namun partai politik lainnya sepakat hanya ada lima dapil.

Hal tersebut merupakan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilihan Umum Tahun 2019 yang digelar KPUD Purbalingga, di Purwokerto, Sabtu 23 Desember 2017.

Rakor dipimpin Ketua KPUD Purbalingga Sri Wahyuni dan dihadiri Asisten Pemerintahan Sekda Purbalingga, Imam Wahyudi, Komisioner KPUD Purbalingga, Panwaskab, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dan para camat.

Sri Wahyuni menjelaskan, berdasar Data Agregat Kependudukan (DAK) semester I tahun 2017, jumlah penduduk Purbalingga sebanyak 953.304. Jika mendasarkan ketentuan jumlah kursi sesuai dengan pasal 191 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan Umum, maka jumlah kursi DPRD Purbalingga sebanyak 45 buah.

“Data agregat kependudukan yang masih kami pakai untuk menghitung berdasar data terakhir yakni DAK semester I. Jika menggunakan DAK semester II, jika bertambah kemungkinannya tetap masih dibawah 1 juta penduduk. Hal ini berdasar pengalaman pada Pemilu 2014 silam, data kependudukan semester I dan II tidak akan berbeda jauh,” kata Sri Wahyuni.

Dengan demikian, maka Bilangan Pembagi Pemilih Daftar (BPPD) sebesar 21.185. Artinya, setiap satu kursi DPRD memiliki nilai kursi murni pemilih 21.185 suara

Untuk informasi, Dapil 1 meliputi Karanganyar, Kertanegara, Karangmoncol, dan Rembang yang memperebutkan 10 kursi, sedangkan Dapil 2 meliputi Kaligondang, Pengadegan, dan Kejobong yang berburu7 kursi.

Dapil 3 meliputi Purbalingga, Kemangkon dan Bukateja yang memiliki jatah 9 kursi. Kemudian Dapil 4 yang meliputi Kalimanah, Kutasari, Bojongsari dan Padamara yang memperebutkan 10 kursi serta Dapil 5 yang terdiri Mrebet, Bobotsari, Karangreja dan Karangjambu memperebutkan 9 kursi.

Asisten Pemerintahan Imam Wahyudi berharap Pileg 2019 sukses dalam hal tingkat partisipasi, sukses administrasi, dan sukses hasil. “Pileg 2019 diharapkan akan semakin menyadarkan masyarakat bahwa pemilu sebagai alat untuk mencari pemimpin dan wakil rakyat,” kata Imam Wahyudi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.