ump di purbalingga
Pawarta

UMP Kirim Mahasiswa Kesehatan ke Dua Desa di Padamara

BRALING.COM, PURBALINGGA – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengirimkan 39 Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan untuk melaksanakan Praktek Keperawatan Komunitas atau PKK.

Program ini akan dilaksanakan selama satu bulan kedepan. Lokasi program PKK dari UMP ini ialah di desa Desa Prigi dan desa Mipiran. Keduanya ada di Kecamatan Padamara.

Dekan Fikes UMP Ikhsan Mujahid menjelaskan, PKK menjadi bagian integral proses pendidikan dan merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Tujuannya, mahasiswa mempraktekan ilmu kesehatannya dengan sistem keperawatan komunitas.

Kepala Bapelitbangda Purbalingga, Kusmartadhi mengapresiasi program PKK dari UMP di Purbalingga. Program ini diharapkan dapat bersinergi dengan strategi pembangunan masyarakat bidang kesehatan desa.

“Sehingga masyarakat bisa diedukasi bagaimana caranya bisa hidup sehat, dimana para mahasiswa tersebut dari kalangan akademisi, sehingga ilmu mereka bisa diterapkan di masyarakat,” kata Kusmartadi.

Sebagai informasi, Desa Prigi dan Mipiran merupakan desa yang memiliki kasus diare dan DBD yang tergolong masih tinggi di Kota Perwira. Selain itu juga agar kinerja keluarga berencana (KB) di dua desa tersebut semakin meningkat.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.