dana desa purbalingga
Pawarta

88 Desa di Purbalingga Segera Menerima Dana BKK 2018

BRALING.COM, PURBALINGGA –  Sebanyak 88 desa di Kabupaten Purbalingga akan segera menerima dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Dana yang dialokasikan pada tahun 2018 ini bersumber dari kebijakan Pemkab dan DPRD serta usulan lainnya.

Desa yang akan menerima bantuan keuangan itu tersebar di Kecamatan Kemangkon (5 desa) Kecamatan Bukateja (5 desa), Kecamatan Kejobong (8 desa), Kecamatan Kaligondang (6 desa), Kecamatan Kalimanah (7 desa) dan Kecamatan Kutasari (4 desa).

Kemudian, Kecamatan Mrebet (8 desa), Kecamatan Bobotsari (7 desa), Kecamatan Padamara (5 desa) serta Kecamatan Pengadegan, Karangjambu dan Kertanegara terjatah masing-masing dua desa.

“Untuk tahun ini, kami jamin penyaluran anggaran keuangan ke desa baik Dana Desa (DD), ADD maupun BKK akan semakin mudah dan cepat sampai kepada penerima,” kata Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Purbalingga, Subeno, Senin 15 Januari 2018.

Subeno menegaskan, Bakeuda Purbalingga akan menyairkan dana hanya selama 2 x 24 jam. Dengan catatan kelengkapan berkas pengajuan atau SPJ-nya telah lengkap.

“Berkas – berkas pertanggungjawaban tersebut tidak usah dibawa ke Bakeuda, ditinggal saja di masing-masing satuan kerja, yang paling penting adalah surat pernyataan pertanggungjawaban mutlak dari pengguna anggaran,” kata Subeno.

Kepala Bidang Anggaran dan Perimbangan Keuangan Bakeuda Purbalingga, Puji Widiastuti mengingatkan kepada desa penerima bantuan untuk tidak mengubah kegiatan karena kegiatan dalam BKK telah di alokasikan dalam APBD 2018. Ketika ada perubahan segera di komunikasikan dengan Bakeuda dan apabila memungkinkan akan diusulkan kembali pada APBD perubahan.

Kasubag Perimbangan dan Keuangan Bakeuda Purbalingga, Budi Setiawan mengingatkan, permasalahan yang masih mengganggu penyelenggaraan pertanggungjawaban keuangan selama tahun 2017 salah satunya adalah masih lambannya laporan pertanggungjawaban dari desa.

Maka akan segera diberikan solusi tentunya agar tidak mengganggu kegiatan lainnya di Pemerintah Kabupaten Purbalingga  karena seluruh kegiatan bersumber pada APBD yang sama. “Jangan sampai permasalahan yang terjadi di tahun 2017 akan berulang kembali,” imbuh dia.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.