Dinkes Purbalingga Semedi
Pawarta Pilihan

Dinas Kesehatan Sudah Temukan Kasus DBD di Tahun 2018

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kendati baru satu bulan berjalan, Dinas Kesehatan Purbalingga telah menemukan tiga korban Demam Berdarah Dengue (DBD) di tahun 2018 ini. Penemuan ini pun langsung mendapat perhatian dari Dinas Kesehatan.

Hal ini mengingat pada tahun 2017 kemarin, Dinas Kesehatan telah mencatat adanya kasus DBD sebanyak 191 orang. Tahun lalu, Dinas Kesehatan telah dilakukan fogging di 17 lokasi.

Kasus DBD terbaru di tahun 2018 menyerang warga RT 09 RW 05 Desa Lamuk, Kecamatan Kejobong, Erniati 26 tahun dan Eni Riska, 20 tahun. Kemudian warga RT 01 RW 08 Desa Tlahab Kidul Kecamatan Karangreja, Puryani 41 tahun.

Kabid Pencegahan dan pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Purbalingga, Semedi mengatakan dinas sudah menindaklanjuti penemuan kasus DBD itu dengan melakukan fogging.

Fogging sudah dilakukan di Desa Tlahab Kidul. “Untuk Desa Lamuk, walaupun sudah ada 2 penderita namun atas kesepakatan warga hanya dilakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) DBD,” kata Semedi.

Untuk mengantisipasi musim penghujan Dinkes Purbalingga telah melakukan sosialiasai kepada masyarakat terkait genangan air yang beresiko menjadi sarang nyamuk Aedes aegypty.

Untuk persediaan obat  tidak ada masalah, penderita DBD bisa ditangani di Puskesmas jika memerlukan rawat inap. “Jika Puskesmas tidak mampu dikarenbakan adanya kompilkasi penyakit lainnya bisa langsung di rujuk di RSUD Goeteng Taroena Dibrata,” ujar dia.

“Jika ada tanda-tanda DBD pada saudara, temen atau tetangga agar segera malakukan pengobatan di Puskesmas atau unit kesehatan lainnya, sehingga bisa kita tindak lanjuti dilapangan,” imbuh Semedi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.