Events Pawarta

Festival Pangsar Soedirman 2018 Digelar Akhir Januari

BRALING.COM, PURBALINGGA – Festival Panglima Besar (Pangsar) Jendral Soedirman bakal digelar 24-29 Januari 2018. Festival yang digelar di kali kedua ini bakal dilaksanakan di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang.

Bupati Purbalingga, Tasdi menjelaskan festival tersebut dimaksudkan untuk mengenang perjuangan Jendral Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan. Semangat juang itu harus bisa menjadi teladan dan semangat generasi penerus bangsa,

“Pak Dirman perang gerilya dalam keadaan sakit dan ditandu. Dengan segala keterbatasan saat itu, jiwa pantang menyerah pak Dirman mampu menggelorakan rakyat untuk mempertahankan tanah airnya. Generasi sekarang harus mencontoh apa yang dilakukan pak Dirman,” kata Tasdi.

Festival Pangsar Jenderal Soedirman kembali mengadakan lomba lari tandu. Lomba ini diharapkan mampu memberikan gambaran perjuangan perang gerilya Jendral Soedirman, yang waktu itu sedang sakit namun harus memimpin perang.

Festival tersebut juga menghadirkan drumband dari Kodim 0702 Purbalingga, sosio Drama, Expo dan pameran Alutsista TNI, kesenian, panggung hiburan dan ditutup dengan Haul panglima Besar Jendral Soedirman yang akan diisi oleh Habib Luthfi bin Hasyim bin Yahya dari Pekalongan.

“Mudah-mudahan warga Purbalingga yang tahu dengan acara tersebut menginformasikan kepada sekitar agar festival tersebut semakin meriah karena Jendral Soedirman yang asli Purbalingga perlu dikenalkan ke generasi penerus,” harap Kepala Dinkominfo Purbalingga, Sridadi dalam keterangan persnya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.