pilgub 2018
Pawarta

Purbalingga Siap Amankan Pilgub Jateng 2018

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pasukan gabungan telah siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di Purbalingga pada pertengahan tahun ini. Mereka bergerak dalam Operasi Mantap Praja Candi 2018.

Pasukan keamanan itu terdiri dari anggota Polres Purbalingga dan satuan satwa Polres, TNI dari Kodim 0702/Purbalingga, Batalyon 406/Candra Kusuma, Lanud Jenderal Besar Soedirman, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta Linmas.

Apel persiapan pasukan untuk mengawal pilkada serentak itu sudah dilaksanakan di alun-alun Purbalingga, Jumat 05 Januari 2018. Kapolres Purbalingga, AKPB AGus Nugroho Setiawan SIK MH berkata, apel ini untuk memastikan persiapan pasukan.

“Sehingga situasi keamanan tetap kondusif baik, tidak ada gejolak, menjelang sampai dengan berakhirnya pilkada,” kata AKBP Agus Nugroho seraya mengingatkan pentingnya netralitas aparat keamanan dalam pesta demokrasi di Jateng ini.

Selain perihal keamanan, AKBP AGus Nugroho juga membahas tentang kewaspadaan terhadap gangguan dari alam. Baik bencana alam maupun kondisi wilayah yang memerlukan penanganan khusus.

“Kita ketahui wilayah Purbalingga rawan bencana, dan juga terdapat daerah-daerah yang sulit dijangkau, diperlukan waktu dan kendaraan khusus untuk menjangkaunya, untuk itu kami telah siapkan 2/3 anggota polres mengawal kelancaran distribusi logistik pilkada selamat sampai tujuan,” kata Kapolres Purbalingga.

Baca: Gelar Pilgub Jateng 2018, KPU Purbalingga Siapkan 1.655 TPS

Bupati Purbalingga Tasdi menyampaikan terima kasih atas kontribusi nyata dari Polres Purbalingga, dan juga TNI serta satuan tugas lainnya dalam upaya mengamankan Pilkada 2018.

“Terima kasih saya sampaikan atas nama Pemerintah Daerah dan rakyat Purbalingga pada jajaran kepolisian, TNI dan lainnya yang telah bersinergi mengupayakan pilkada 2018 berjalan aman dan sukses,” kata Bupati Tasdi.

“Situasi yang aman, tidak terjadi hal-hal yang memecah belah persatuan bangsa  dalam pilkada 2018 menjadi tanggung jawab pemerintah, stake holder dan juga partisipasi seluruh masyarakat, tidak hanya para pihak keamanan saja, untuk itu masyarakat wajib membantu pelaksanaan pengamanan pilkada 2018,” kata Bupati Tasdi.

Terpisah, Ketua KPU Purbalingga menjelaskan hingga saat ini tahapan Pilgub Jateng 2018 sudah sampai pada tahap pembentukan dan Bimbingan teknis bagi PPDP. Tahapan ini dilaksanakan hingga 17 Januari 2018 mendatang.

Pencocokan dan penelitian daftar pemilih pada 20 Januari – 18 Februari 2018 dan penyusunan Daftar Pemilih pada 19 Pebruari – 4 Maret 2018. “Rekap di PPS tanggal 5-7 Maret 2018 dan pengumuman DPT oleh PPS pada 29 April – 27 Juni 2018,” kata Sri Wahyuni

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.