pilkada jateng 2018
Pawarta

Tak Hanya ASN, Kepala Desa juga Harus Netral di Pilkada Jateng 2018

BRALING.COM, PURBALINGGA – Tuntutan untuk menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 tidak hanya ditujukan pada Aparat Sipil Negara (ASN), namun juga harus dimiliki kepala desa dan lurah di Purbalingga.

Bupati Purbalingga Tasdi mengingatkan 239 Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Purbalingga untuk menjaga netralitas pada Pilkada Jateng 2018 serta Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di 2019 mendatang.

Bupati Tasdi menyampaikan pesan itu saat Sosialisasi Pengawasan Bagi Kepala Desa/Kelurahan se-Kabupaten Purbalingga, Kamis 25 Januari 2018 di Rumah Makan Bale Apoeng. Acara ini digelar Panwaslu Kabupaten Purbalingga.

Kepala desa di Purbalingga harus bisa turut menyukseskan Pilgub, Pileg dan Pilpres dengan sikap netral yang tidak memihak kepada salah satu pasangan calon. Hal ini sesuai dengan UU No 10 tahun 2016 pasal 71 ayat 1.

“Selamat kepada anggota Panwaslu yang baru dan selamat bekerja. Selanjutnya saya mengingatkan kepada para kades/lurah untuk tidak berat sebelah kepada salah satu pasangan calon kepala daerah,” kata Tasdi.

kepaladesa juga harus mampu menggerakan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Kata Tasdi, suksesnya sebuah pemilihan bisa dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat yang ikut mencoblos ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Jangan sampai tingkat partisipasi di bawah 50%. Hal itu bisa membahayakan demokrasi kita. Saya titip kepada para kades/lurah untuk menggerakan masyarakatnya agar datang ke TPS dan mensosialisasikan cara mencoblos yang benar.

Ketua Panwaslu Kabupaten Purbalingga, Imam Nur Hakim menuturkan, suksesnya gelaran pilkada dan pemilu membutuhkan peran serta semua pihak termasuk kepala desa dan lurah.

Dia menyampaikan bahwa setelah penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Panwaslu akan terus melakukan pengawasan serta bimbingan kepada seluruh komponen masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya Pilgub.

“Mohon nanti Kepala Desa menandatangani spanduk netralitas. Mudah-mudahan pelanggaran nanti bisa diminimalisir bahkan hilang sama sekali,” kata Ketua Panwaslu Purbalingga.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.