pilgub jateng 2018
Pawarta

Begini Peran Guru dan Kepala Sekolah di Pilgub Jateng 2018

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga, tasdi menyebut kepala sekolah yang ada di Kota Perwira ini memiliki peran yang penting dalam gelaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 mendatang. Apalagi dengan tingkat partisipasi masyarakat yang masih rendah.

Saat sosialisasi Pilgub Jateng 2018 di hadapan kepala sekolah sekolah dasar (SD) yang ada di Kabupaten Purbalingga, Senin 26 Februari 2018, di Aula Soedirman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga, Bupati Tasdi berkata, kepala sekolah maupun guru masih dianggap sebagai tokoh masyarakat, jadi ajakan untuk berpartisipasi juga pasti akan direspon positif.

“Kepsek masih dianggap tokoh masyarakat oleh sebagian besar warga. Saya harapkan peran Kepsek di Pilgub mendatang untuk mensosialisasikannya agar partisipasi masyarakat meningkat. Jangan seperti tahun 2013 partisipasi di Purbalingga hanya 38%,” kata Tasdi.

Tasdi juga tidak lupa mengingatkan tentang netralitas ASN. Mereka diingatkan tentang kehati-hatian menggunakan media sosial. Jangan sampai, guru ataupun kepala sekolah justru menjadi provokator melalui medsos yang merusak nilai-nilai berdemokrasi. Tasdi mewanti-wanti ASN di Purbalingga untuk tidak menyebarkan isu berbau SARA pada Pilgub yang akan digelar 27 Juni 2018 itu.

“Hati-hati penggunaan medsos untuk para ASN. Jangan sampai anda ikut menjadi provokator yang berbau SARA. ASN harus menjadi teladan dan jaga netralitas anda dalam bermedsos. Like saja tidak boleh apalagi memberi komentar yang mengarah pada salah satu pasangan calon,” imbuh Tasdi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Subeno menyebut jumlah guru yang mencapai 70% dari keseluruhan ASN di Purbalingga membuat kekuatan guru untuk memengaruhi opini sangat kuat. “Semaksimal mungkin kita upayakan agar pilgub mendatang aman dan damai. Kepada para kepsek yang hadir disini saya harapkan untuk menyadarkan masyarakat tentang hak pilihnya. Jangan sampai angka partisipasi di Purbalingga anjlok,” kata Subeno.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.