pilgub jateng 2018
Pawarta

Purbalingga Deklarasi Mewujudkan Pilgub Jateng yang Damai

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kendati sangat yakin mampu menggelar pesta demokrasi secara aman, Purbalingga tetap menggelar Deklarasi Mewujudkan Pemilihan Gubernur Damai di Pendapa Dipokusumo, Senin 19 Februari 2018.

Penandatanganan deklarasi dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga, Ketua DPRD, jajaran Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Panwaslu, pimpinan partai politik, tokoh masyarakat dan peserta Rapat Koordinasi Bidang Pemerintahan Tingkat Kabupaten Purbalingga.

“Kita berharap di kabupaten Purbalingga yang hanya melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tetap kondusif dan damai. Kita butuh komitmen lima hal yang harus disukseskan dan lima hal yang harus dihindari selama tahun politik ini,” jelas Bupati Tasdi.

Bupati Tasdi menjelaskan bahwa lima poin sukses itu ialah sukses secara yuridis, sukses partisipatif, sukses teknis dan administratif, sukses secara sosiologis dan sukses secara sekuriti.

Sementara lima hal yang harus dihindari ialah tidak netral, politik uang, kampanye hitam, saling menjelek-jelekkan serta menyebarkan isu SARA. “Pilgub tahun 2012 lalu partisipasi masyarakat cukup rendah, hanya 58 persen. Kita berharap partisipasi masyarakat dapat naik,” kata Bupati Tasdi.

Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol Herman Setiono mengingatkan kepada partai politik untuk memperhatikan izin kegiatan kampanye. Pengaturan izin dilakukan satu pintu di Mapolres Purbalingga.

“Untuk perijinan diberlakukan satu pintu harus ditandatangani oleh Kapolres atau Wakapolres. Jadi jajaran Polsek tidak melayani perijinan kampane,” jelas Kompol Herman Setiono.

Sementara itu, dalam forum itu, Ketua KPU Sri Wahyuni menjelaskan bahwa masa kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah digelar 25 Februari hingga 23 Juni 2018 mendatang.

Kampanye digelar dalam bentuk kampanye pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran bahan kampanye dan pemasangan alat peraga kampanye serta debat publik. Sedangkan iklan kampanye dibatasi waktunya dari 10 Juni hingga 23 Juni 2018.

BANGKIT WISMO

One thought on “Purbalingga Deklarasi Mewujudkan Pilgub Jateng yang Damai”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.