Pawarta Pilihan

TPA Banjaran Ditutup, Kemana Purbalingga Akan Buang Sampah?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga masih berusaha mengatasi masalah penanganan sampah yang terbengkalai, selepas penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Banjaran, awal tahun 2018 ini.

Berdasar kajian teknis yang telah dilakukan dinas terkait, TPA Banjaran memang sudah diprediksi tidak akan mampu menampung sampah di akhir tahun 2018. Demo warga Desa Banjaran, Kecamatan Bojongsari mempercepat proses penutupan itu.

Akibat penutupan TPA Banjaran, sampah-sampah pun langsung menggunung di sejumlah TPA sementara serta tempat sampah di pinggir jalan. Hal ini, karena sampah-sampah itu tidak bisa diangkut dan dikirim ke TPA.

“Kami memahami, besarnya timbunan sampah yang tidak tertangani disamping akan mengganggu keindahan dan kenyamanan, juga akan memberikan dampak buruk terhadap lingkungan hidup seperti pencemaran air, tanah, udara serta gangguan kesehatan dan estetika,” kata Bupati Purbalingga, Tasdi.

Karena masalah sampah dan TPA Banjaran yang ditutup, Pemkab Purbalingga sedang berupaya mempercepat proses penyiapan lahan 10 Hektare di Desa Bedagas, Kecamatan Pengadegan untuk dijadikan TPA baru. Di tahun 2017 kemarin, baru dibebaskan 5 Hektare.

Selain Bedagas, sejatinya Pemkab Purbalingga sudah menyiapkan analisa untuk sejumlah alternatif. Di antaranya, Desa Arenan, Kecamatan Kaligondang, Desa Sumilir Kemangkon serta sejumlah desa lainnya.

Bupati Tasdi menjelaskan, Pemkab akan membangun infrastruktur jalan masuk ke calon TPA Bedagas, agar lalu lintas armada tidak melewati jalan penduduk. TPA Bedagas diformat sebagai tempat mengolah sampah, bukan sekedar pembuangan akhir.

“Sampah diolah menjadi berbagai produk yang bermanfaat seperti pupuk, dan juga akan memfungsikan TPA sampah Bedagas sebagai lokasi wisata seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa kabupaten di Indonesia,” kata Bupati Tasdi.

BANGKIT WISMO

One thought on “TPA Banjaran Ditutup, Kemana Purbalingga Akan Buang Sampah?”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.