perpustakaan sekolah purbalingga
Pawarta

Dinarpus Jateng Menilai Perpustakaan SMAN Karangreja

BRALING.COM, PURBALINGGA – Tim Visitasi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Jawa Tengah datang untuk menilai kondisi kekinian Perpustakaan Tunas Cendikia SMA Negeri Karangreja.

Kunjungan itu dilakukan dalam rangka Lomba Perpustakaan Antarsekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Ketua Tim Penilai, Nugroho mengatakan visitasi dilakukan untuk mencocokan kuisioner dengan hasil yang ada di lapangan.

“Perlombaan ini hanya stimulus saja agar semangat literasi tertanam. Diharapkan setelah ini generasi muda dan warga masyarakat akan senang membaca buku,” kata Nugroho di SMA Negeri Karangreja.

Sementara itu, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Agus Winarno juga menyampaikan pentingnya membaca bagi generasi muda Purbalingga. “Korea hanya memiliki 5% sumber daya alam dan Jepang hanya memiliki 8% sumber daya alam tapi mereka maju. Hal itu dikarenakan karenakan masyarakat cerdas dan suka membaca,” kata dia.

Kepala SMA N 1 Karangreja, Joko Widodo mengatakan bahwa berhasilnya sekolah tersebut menembus tahap visitasi tidak lepas dari dukungan semua pihak termasuk Pemkab Purbalingga yang telah membantu. Salah satunya dengan adanya bantuan Rp 200 juta untuk memoles perpustakaan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga yang telah membantu kami dari berbagai aspek. Hal itu sangat memotivasi kami untuk mempersembahkan dengan maksimal pada perlombaan ini,” kata Joko Widodo.

SMA N 1 Karangreja masuk enam besar setelah kuisioner komitmen perpustakaan yang diberikan Dinarpus Provinsi menunjukan komitmen yang tinggi dari SMA N 1 Karangreja untuk menghadirkan perpustakaan yang inovatif.

Hasil perlombaan akan diumumkan akhir Mei 2018. Pada tahun lalu, SMA N 1 Kutasari berhasil merebut juara pertama di tingkat Provinsi dan menyabet juara harapan 1 pada tingkat nasional.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.