Bandara Soedirman Purbalingga
Pawarta Pilihan

Hore! Bandara Soedirman di Purbalingga Resmi Dibangun

BRALING.COM, PURBALINGGA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan proses pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman yang ada di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Senin 23 April 2018.

Pembangunan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama untuk menyediakan runway sepanjang 1.600 meter. Sementara tahap kedua akan menyediakan runway sepanjang 2.500 meter dan terminal penumpang seluas 3.000 meter persegi.

Presiden Jokowi menjelaskan, terminal penumpang di Bandara Soedirman akan menampung 300 ribu penumpang pertahun. Pembangunan Bandara Soedirman ditarget selesai pada akhir tahun 2019.

Dengan terbangunnya bandara diharapkan bisa membantu menghadirkan dampak positif bagi perekonomian Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Banyumas, Pemalang, Tegal, Brebes, Kota Tegal, hingga Kabupaten Wonosobo.

“Semuanya bisa memanfaatkan airport ini, dan kita harapkan akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan sekitarnya. Kita harapkan bukan hanya bulu mata saja, investasi-investasi dibidang lainnya bisa dikembangkan,” kata Presiden Jokowi di Purbalingga.

Sementara itu, Bupati Purbalingga, Tasdi menyebutkan bahwa demi melancarkan pembangunan Bandara Soedirman, Pemkab Purbalingga sudah menyediakan tanah seluas 5 hektar serta Pemprov Jawa tengah seluas 9 hektar.

“Pemkab juga telah membangun akses jalan menuju BJB Soedirman, dengan anggaran sekitar 125 milyar, termasuk untuk ganti tanah 30 milyar,” kata Bupati Tasdi seperti dikutip dari keterangan pers Humas Pemkab Purbalingga.

“Kita juga berharap nanti ada embarkasi di Daerah Jawa tengah bagian barat, yang nota bene daerah ngapak juga ada embarkasi khsusus haji untuk daerah ngapak, sehingga tidak perlu ke solo lagi karena terlalu jauh,” imbuh Tasdi.

Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko mengatakan keberadaan Bandara Soedirman diharapkan bisa mendorong kegiatan sosial ekonomi warga. Berbagai sarana akses juga telah dibuat demi melancarkan akses ke bandara, salah satunya Jembatan Linggamas.

Saat ke Purbalingga, Presiden Jokowi juga mengunjungi PT Boyang Industrial. Di pabrik rambut palsu itu, Presiden Jokowi melihat aktivitas kerja karyawan di dalam pabrik.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.