Pawarta

Ini Enam Pasar Tradisional yang Direhab Pemkab Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemkab Purbalingga akan kembali merehabilitasi pasar tradisional di tahun 2018 ini. Dua pasar yang rencananya akan diperbaiki adalah Pasar Rakyat Desa Kertanegara Kecamatan Kertanegara dan Pasar Rakyat Desa Cipaku Kecamatan Mrebet.

Rehabilitasi Pasar Kertanegara akan membutuhkan dana mencapai Rp 1,362 miliar, sedangkan untuk rehab Pasar Cipaku, Pemkab Purbalingga menyiapkan anggaran mencapai Rp 1,3 miliar.

Jika rencana ini berjalan lancar, dalam satu tahun ini Pemkab Purbalingga akan merehabilitasi enam pasar tradisional. “Tiap tahun kita akan terus merenovasi pasar tradisional di Kabupaten Purbalingga,” kata Bupati Purbalingga, Tasdi Minggu 20 Mei 2018.

Konsep pembangunan pasar tradisional kedepan ialah melengkapi pasar dengan area parkir sehingga memudahkan masyarakat saat mengunjungi pasar. Disamping itu juga akan berpengaruh pada ketertiban dan kenyamanan pedagang dan masyarakat dalam bertransaksi.

Karena itulah, Pasar Kertanegara akan dimundurkan 10 meter untuk parkir. “Termasuk pasar Cipaku juga demikian. Harapanya bisa untuk meningkatkan kesejahteraan para pedagang dan ekonomi kerakyatan,” kata Bupati Tasdi.

Kepala Dinperindag Purbalingga Sidik Purwanto menjelaskan pada tahun ini, Pemkab akan merehabilitasi Pasar Kertanegara, Pasar Kaligondang, Pasar Cipaku, Pasar Tobong Kutasari, Pasar Bukateja dan Pasar Segamas.

Pekerjaan Pasar Bukateja merupakan pekerjaan lanjutan dengan anggaran Rp 4 miliar sementara di Pasar Segamas Pemkab akan membangun kios kerajinan senilai Rp 1,2 miliar. “Total dana yang dibutuhkan untuk rehab 6 pasar mencapai Rp 15 miliar. Anggaranya dari Dana DAK, Dana Perbantuan dan APBD Purbalingga,” jelas Sidik.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.