kpu purbalingga
Pawarta

KPU Purbalingga Uji Coba Sistem Aplikasi Penghitungan Suara

BRALING.COM, PURBALINGGA –  KPU Purbalingga melakukan uji coba Sistem Aplikasi Penghitungan Suara (Situng) secara serentak di Indonesia. Aplikasi terssbut nantinya digunakan untuk perhitungan suara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018.

Ketua KPU Purbalingga, Sri Wahyuni berkata, uji coba merupakan persiapan penggunaan Situng dalam Pemilihan serentak 2018 oleh KPU. Dengan menyiapkan formulir model C dan C1 untuk di entri dan pindai di 5 kecamatan, masing-masing 5 desa dan 3 TPS perdesa. Rencana uji coba nasional ke-2 tanggal 7 Juni dan ujicoba ke-3 tanggal 25 Juni 2018.

“Ujicoba ini untuk mengukur sejauh mana kesiapan aplikasi Situng, juga untuk mengetahui kendala kendala apa saja yang terjadi, sehingga pada pelaksanaannya akan lebih baik lagi. Situng bertujuan agar masyarakat bisa mengetahui hasil pemilihan dengan cepat melalui website KPU RI,” ujar Sri Wahyuni, Senin 28 Mei 2018.

Kegiatan uji coba secara serentak nasional diikuti oleh seluruh Operator KPU Purbalingga yang berjumlah delapan orang. Dengan Situng masyarakat akan mengetahui informasi hasil pemilihan baik tingkat  TPS, desa, kecamatan, kabupaten/kota, serta propinsi secara cepat.

“Dengan dilakukannya penerapan aplikasi Situng pada hari pemungutan suara dapat mewujudkan transparasi informasi hasil penghitungan suara kepada publik secara menyeluruh. Dalam uji coba pertama ini terdapat 75 TPS,” jelas Yuni.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.