Pawarta

Pemkab Akan Buat Jembatan Penghubung Wirasana – Kalikajar

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga kembali membuka akses masyarakat melalui pembangunan jembatan. Jika sebelumnya ada pembangunan jembatan penghubung antara Tegalpingen dan Pepedan, kini Pemkab merencanakan membuat jembatan penghubung antara Wirasana dan Kalikajar.

Kepala Bappelitbanda Purbalingga, Yani Sutrisno menjelaskan, proyek yang melintasi Kali Klawing ini diharapkan mampu mempermudah akses warga Kaligondang, Pengadegan serta Kejobong menuju RSUD Purbalingga dan kawasan perkotaan.

“Kami mohon untuk dikabulkan Rp 30 miliar ajuan bantuan kami kepada Pemprov Jateng mengingat urgensi pembangunan jembatan yang begitu mendesak,” kata Yani saat ada kunjungan ke lokasi, akhir pekan kemarin.

Pemkab Purbalingga sudah mengajukan proyek ini ketika Musyarawah Rencana Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) di Cilacap beberapa waktu lalu. Anggaran pembangunan jembatan memang ditargetkan bisa dikucurkan lewat APBD Provinsi tahun 2019.

Plt Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko menilai usulan tersebut realistis mengingat dampak yang akan ditimbulkan begitu besar. Pembangunan bandara yang sebentar lagi akan dilakukan di Purbalingga juga membutuhkan alternatif ruas jalan sehingga tidak terjadi kemacetan di kota Purbalingga.

“Jika pembangunan jembatan ini dilakukan, dampaknya bukan hanya untuk jalan RSUD tapi menyambut pembangunan bandara juga,” tutur Heru seraya meminta rencana itu dibuatkan rancangan detail.

 

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.