wisata terbaru purbalingga
Pawarta Plesir

Libur Lebaran, Kunjungan ke Golaga Tembus 26.327 Wisatawan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Jumlah kunjungan wisatawan ke Golaga selama sepekan libur lebaran menembus 26.327 pengunjung. Dengan begitu, dibandingkan data tahun 2017, jumlah kunjungan di liburan tahun ini mengalami kenaikan 45 persen.

“Berdasar data sementara, hingga hari keenam libur lebaran atau tanggal 20 Juni, kenaikan sudah mencapai 8.227 orang atau naik 45,5 persen,” kata Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata, Prayitno, Rabu 20 Juni 2018.

Puncak kunjungan ke Golaga terjadi pada hari Minggu 17 Juni 2018 yang mencapai 7.895 orang. “Tahun 2017 silam, puncak jumlah pengunjung tertinggi hanya mencapai 4.500 orang, namun tahun ini bisa tembus angka 7.895 orang,” kata Prayitno.

Prayitno optimis, kunjungan ke Golaga hingga hari Minggu 24 JUni 2018 bisa tembus angka 30.000 wisatawan. “Anak-anak sekolah, kalangan pendidik dan pekerja sektor informal, masih akan banyak yang berkunjung ke Golaga. Mereka justru memilih berkunjung ketika puncak libur lebaran sudah terlewati,” jelas Prayitno.

Dinporapar Purbalingga menilai, kenaikan jumlah pengunjung ini tidak terlepas dari pembenahan di Golaga, khususnya di bagian dalam goa dengan sajian lampu warna-warni. Pembenahan masih terus akan dilakukan pasca libur lebaran ini.

“Mulai 18 Juni 2018 pembenahan dilanjutkan dengan fokus untuk pembangunan pagar keliling. Pembangunan pagar tidak mengganggu aktivitas wisatawan yang datang. Pagar Golaga nantinya dari batu candi yang didatangkan dari Muntilan Magelang. Jadi nantinya konsep pengembangan Golaga seperti nuansa Kerajaan Majapahit mulai akan terbentuk,” kata Prayitno.

Peningkatan jumlah kunjungan ke Golaga tidak terlepas dari promosi di media sosial. Baik oleh pengelola maupun netizen. Terlebih, pengunjung Golaga juga terpantau banyak dari luar Purbalingga.

Salah seorang pengunjung dari Jakarta, Oktaviani 21 mengaku sengaja mampir ke Golaga. “Saya penasaran sekali melihat foto-foto Golaga yang banyak muncul di media sosial,” kata dia.

“Pembenahan di luar memang belum banyak, tapi ternyata keindahan didalam goa tidak membuat kami kecewa. Apalagi, kami juga bisa menikmati cafe di dalam goa, ini merupakan satu-satunya cafe goa di Indonesia yang pernah saya kunjungi,” kata dia.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.