Pawarta

Momentum Hari Lahir Pancasila Bagi Warga Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan setiap 1 Juni merupakn momen yang tepat menguatkan Pancasila yang telah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia dan bertahan tumbuh selama 73 tahun.

“Melalui momentum ini, kita Pemerintah Daerah harus mengimplementasikan atau mengamalkan Pancasila dalam berbagai kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” kata Bupati Purbalingga Tasdi.

“Tidak cukup hanya dengan menghafalkan saja, namun harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam berbangsa dan bernegara,” ujar Bupati Tasdi usai Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila tingkat Kabupaten Purbalingga di halaman Pendapa Dipokusumo, Jumat 1 Juni 2018.

Apa yang harus diimplementasikan dari Pancasila antara lain kemauan untuk bersatu, berbagi dan berprestasi seperti yang diamanatkan Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan yang dibacakan pada Peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Mengurus pengurangan orang miskin itu bagian dari Pancasila. Membuat RTLH juga bagian dari Pancasila. PNS yang bekerja dengan baik juga bagian dari Pancasila. Hidup rukun, tidak menghujat dan berpolitik santun juga bagian dari implementasi Pancasila,” jelas Bupati Tasdi.

Setelah 73 tahun kelahiran Pancasila, menurut Bupati Purbalingga, generasi penerus mempunyai kewajiban untuk mengimplementasikan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Bupati Tasdi berharap seluruh komponen masyarakat di kabupaten Purbalingga untuk terus berupaya mengamalkan Pancasila, dengan meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi.

Usai upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Bupati Tasdi menyerahkan secara simbolis bantuan hibah kendaraan roda empat untuk Polres Purbalingga. Bantuan itu diserahkan langsung kepada Kapolres Purbalingga AKBP Nugroho Agus Setiawan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.