Pawarta

Dompet Dhuafa Jateng Beri Beasiswa 10 Anak Dhuafa di Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGGA – Dompet Dhuafa Jawa Tengah memberikan beasiswa pendidikan kepada 10 anak dhuafa berprestasi di SMP Negeri 2 Kutasari. Bantuan biaya pendidikan itu diharapkan bisa membantu meringankan beban siswa.

Kepala SMP Negeri 2 Kutasari, Soderi mengakui bahwa sekolah yang dipimpinnya merupakan sekolah dengan tingkat putus sekolah yang tinggi. Tahun ajaran 2017-2018 ini misalnya, sebanyak 16 anak drop out karena alasan ekonomi.

Soberi berharap, beasiswa ini harapannya mampu mendorong anak-anak dari kalangan keluarga tidak mampu untuk lebih berprestasi. Karena selama ini, meski biaya sekolah di SMP itu gratis dan ada BOS, namun biaya transportasi dan uang saku tetap membebani mereka.

“Sekolah sudah berupaya berbagai cara, termasuk memberikan bantuan seragam, sepatu bagi anak-anak tidak mampu yang sumber dananya dari iuran guru-guru di sini, namun semua kembali kepada mental anak-anak didik dan orang tua,” kata Soberi.

“Ada anak yang mentalnya ciut ketika yang lainnya jajan di sekolah sementara dirinya tidak jajan. Ada lagi harus membantu orangtuanya bekerja atau tenaganya sudah laku di pabrik dan memutuskan tetap keluar sekolah,” ungkap Sodri.

Perwakilan Dompet Dhuafa Jateng, Titi menyampaikan di usia ke 25 tahun ini, cakupan Dompet Dhuafa Jateng merambah Kabupaten Purbalingga melalui program pendidikan.

Selain program beasiswa langsung, beberapa waktu lalu, salah satu putra terbaik Purbalingga mampu menembus seleksi Beasiwa SMART Ekselensia Indonesia. Nur Islami Dwi Nugroho, dari Desa Sumilir, Kecamatan Kemangkon merupakan satu dari 40 siswa yang selama 5 tahun kedepan akan menempuh pendidikan SMP-SMA akselerasi.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.