Pawarta Pilihan

Kasus HIV/AIDS di Kecamatan Karangmoncol Terus Meningkat, Inikah Penyebabnya?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Purbalingga, Heni Ruslanto mengungkapkan bahwa kasus HIV/AIDS di wilayah Kecamatan Karangmoncol terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

KPAD Purbalingga mencatat hingga Juni 2018 di Kecamatan Karangmoncol terdapat 15 kasus HIV/AIDS. Yang mana, kata Heni Ruslanto, lima orang diantaranya meninggal dunia.

Di Kota Perwira, sampai dengan Juni 2018, KPAD Purbalingga mencatat ada 277 kasus HIV/AIDS. Rinciannya yakni 224 kasus HIV, 58 kasus AIDS dan 32 orang meninggal dunia karena terjerat HIV/AIDS.

“Pemahaman masyarakat yang masih kurang dengan HIV-AIDS sehingga menimbulkan banyak diskiminatif dan stigma terhadap pengidap HIV AIDS,” jelas Heni Ruslanto tentang pemicu tingginya masalah HIV/AIDS.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat itulah, KPAD Purbalingga terus gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat di Kota Braling. Juli ini, KPAD Purbalingga telah menggelar sosialisasi di wilayah Karangmoncol.

Dengan gencar sosialisiasi yang dilakukan oleh KPAD diharapkan masyharakat semakin memahami bagimana caranya melakukan pencegahan dan penanganan kasus HIV-AIDS.

Kedepan masyarakat bisa melakukan penanggulangan HIV AIDS dengan mandiri, yakni dengan membentuk kampung peduli AIDS. “Pada tahun 2018 akan kita bentuk kampung peduli AIDS di 3 kecamatan yakni Padamara, Kaligondang dan Kemangkon. Selanjutnya untuk sosialisasi di Kecamatan Bojongsari, Karangmoncol, Bobotsari, Karangreja dan Karanganyar,” tambahnya.

Camat Karangmoncol, Titis Panjer Rahino berharap materi sosialisasi dari KPAD Purbalingga bisa menambah pemahaman masyakarat serta bisa diterapkan di lingkungannya.

Sehingga kasus HIV-AIDS di Karangmoncol bisa berkurang, minimal masyarakat bisa memahami bagaimana pencegahan dan penangulangan HIV-AIDS. “Kita ikut prihatin karena di Karangmoncol yang nota bene ndeso terkena imbas HIV-AIDS, yang biasanya terjadi dikota-kota besar,” kata Camat Karangmoncol.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.