Pawarta

Musrenbangdes Harus Jadi Sarana Mengembangkan Potensi Desa

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Desa harus memanfaatkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) sebagai sarana untuk mengembangkan potensi di desa masing-masing.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Purbalingga, Muhammad Najib berkata, dengan adanya Musrenbangdes dapat menggali potensi-potensi yang ada sehingga dapat memunculkan ciri khas desa.

“Kita harus bisa melihat potensi apa yang ada di desa, kan sudah banyak contohnya yang biasa diangkat seperti wisata, UMKMnya yang tentunya bisa mensejahterahkan masyarakat,” kata Nadjib saat Sosialisasi Musrenbangdes di Aula Dinpermasdes Purbalingga, 1 Agustus 2018.

Pemdes harus mampu membuat perencanaan dengan baik, program dan kegiatan disesuaikan dengan kondisi di desa tersebut. Perencanaan pembangunan di desa harus diselaraskan dengan pembangunan yang ada di kabupaten.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Administrasi Desa pada Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga, Budi Santosa menjelaskan diadakannya Sosialisasi Musrenbangdes guna memberikan informasi terkait program prioritas pembangunan di tingkat kabupaten.

Peserta sosialisasi ini terdiri dari Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dari tujuh kecamatan dan Sekretaris Desa (Sekdes) dari tujuh kecamatan. “Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga kali,” kata Budi.

Materi Sosialisasi Musrenbangdes yakni terkait Program Prioritas Pembangunan Tingkat Kabupaten Purbalingga oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Purbalingga dan Rencana Kerja (Renja) dari Dinpermasdes Purbalingga.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.