Pawarta

Produk Nanas dari Desa Siwarak Sudah Dijual di Afrika dan Korea Selatan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Produk olahan nanas dari Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja telah menembus pasar luar negeri. Yakni telah masuk ke masar di wilayah Afrika dan Korea Selatan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Purbalingga, Sidik Purwanto mengungkapkan bahwa olahan nanas dalam bentuk saus disukai oleh orang di Benua Afrika.

“Saus nanas dari Siwarak mampu bersaing dengan produk luar negeri karena para pelaku usaha mampu meningkatkan kualitas produknya,” kata Sidik Purwanto, Senin 20 Agustus 2018.

Sementara itu, pengrajin olahan nanas, Ngudiyono berkata, selai dengan merk “Nanasqu” telah dijual di Korea Selatan berkat kerjasama dengan Tenaga Kerja Indonesia yang ada di Negeri Gingseng itu.

“Di Korea Selatan ada super market khusus menjual produk Indonesia. Kami bekerja sama dengan tenaga kerja yang ada disana yang bertindak sebagai pengelola,” tutur Ngudiyono.

Tidak hanya saus dan selai saja yang diproduksi warga Siwarak. Namun juga ada produk olahan nanas seperti cenil nanas, kerupuk nanas, cocktail dan sedang dirancang minuman olahan nanas mengadopsi teknik olahan minuman apel dari Malang.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.