Dinarpus Purbalingga
Pawarta

Begini Cara Dinarpus Purbalingga Tingkatkan Minat Kunjungi Perpustakaan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Purbalingga berupaya meningkatkan minat kunjungan ke perpustakaan dan program replikasi Perpuseru melalui pelatihan membuat kerajinan.

“Pelatihan ini rencananya akan diadakan di 10 desa. Hari ini pembukaan di TBM Sida Kawaca dan besok akan dibuka di TBM Cakra Kembang Desa Selakambang,” kata Sekretaris Dinarpus Purbalingga, Jiah Palupi Twi Hartati, Senin 17 September 2018.

Pelatihan kerajinan akan diberikan sesuai dengan usulan dari tiap perpustakaan ataupun TBM. Untuk di TBM Sida Kawaca pelatihan meliputi membuat piring lidi, pelatihan membuat hantaran pengantin, pelatihan fotografi, dan pelatihan membuat hiasan dari limbah.

Sedangkan pelatihan yang digelar Dinarpus Purbalingga di TBM Cakra Kembang yakni meliputi pelatihan membuat hantaran pengantin, membuat piring lidi, fotografi, hingga sulam pita.

“Kegiatan ini juga dalam rangka mentransformasi perpustakaan yang bertujuan mendorong perpustakaan menjadi pusat belajar masyarakat, dengan harapan hasil kegiatannya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat” jelas Jiah.

Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan Sri Puji Artati,pelatihan di tiap perpustakaan maupun TBM didukung penuh oleh Pemkab. “Pelatihan ini gratis. Pesertanya diutamakan kaum perempuan, pemuda, dan rintisan usaha,” kata Sri Puji Artati.

“Pelatihan ini merupakan kegiatan stimulan untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke Perpusdes. Untuk selanjutnya pengelola perpusdes yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut dengan jalan advokasi dengan dinas-dinas, pengusaha, atau tokoh-tokoh masyarakat untuk mendukung kegiatan,” lanjut Sri Puji Artati.

Dia menambahkan, program tersebut sudah bisa dilaksanakan oleh 6 perpusdes yang menjadi sasaran program tersebut pada tahun 2016-2017 secara mandiri dengan biaya APBD maupun APBDes.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.