Pawarta PMI

Dikukuhkan, Anggota Tim Sibat di Kabupaten Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Sebanyak 188 anggota Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) PMI Purbalingga dikukuhkan saat Apel Hari Ulang Tahun PMI ke 73 di Komplek Pendapa Dipakusuma, di pekan terakhir September 2018 ini.

Pengukuhan anggota Tim Sibat di Kota Perwira ini dilakukan oleh Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. Mereka yang dikukuhkan merupakan hasil Diklat KBBM 2017 di Buper Munjulluhur dan Diklat KBBM 2018 di Lanud TNI AU JBS.

Sekretaris PMI Purbalingga, M Ichwan mengatakan, anggota Tim Sibat berasal dari wilayah Kecamatan Bobotsari, Karangjambu, Karangreja dan Karanganyar. Kemudian juga berasal dari wilayah Kecamatan Kertanegara, Karangmoncol dan Rembang.

kebencanaan purbalinggaKetika melakukan sambutan, Plt Bupati Purbalingga membacakan sambutan Plh Ketua Umum PMI, Ginanjar Kartasasmita. Sambutan tersebut mengingatkan pentingnya semangat dan totalitas relawan PMI di Indonesia.

“Betapapun banyaknya tantangan dan beratnya hambatan, tidak sekalipun menghentikan langkah para relawan untuk menolong di saat bencana dan kesusahan melanda di pelosok manapun negeri ini,” kata Plt Bupati Tiwi membacakan sambutan.

Selepas apel bersama, PMI Purbalingga menggelar sarasehan yang menghadirkan pengurus PMI Jawa Tengah, Sarwa Permana. Ia juga merupakan Ketua Pelaksana BPBD Jawa Tengah.

Sarwa Permana kembali mengingatkan tentang pentingnya peran Tim Sibat dalam kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana. Menurut dia, Tim Sibat dibutuhkan untuk memetakan kerentanan kerawanan bencana serta menggerakkan masyarakat dalam melaksanaan rencana kebencanaan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.