Panahan Purbalingga
Pawarta

Mengenal Musaga Archery dan Targetnya di Dunia Panahan

BRALING.COM, PURBALINGGA – SMK Muhamadiyah 1 Purbalingga terus mengembangkan aktivitas panahan. Hanya dalam dua tahun, olahraga panahan sudah populer di sekolah. Guru dan siswa turut dalam kegiatan panahan.

Melihat antusiasme peserta kegiatan panahan, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga, Suharti SAg MM melaunching kegiatan panahan menjadi kegiatan ekstrakulikuler dengan nama Musaga Archery pada Juni 2018 kemarin.

Kini, ekskul Musaga Archery dibina oleh Eko Tri Utomo. “Kegiatan panahan di sekolah ini dirintis oleh Almarhum Widodo, salah satu guru sekolah ini,” kata Eko Tri Utomo menceritakan asal mula kegiatan panahan di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga.

Kini, sudah ada 25 siswa dari kelas X, XI dan XII yang bergabung dalam Musaga Archery. Bahkan beberapa guru seperti Hanif Ardiansyah, Karunia Dedi, Wingga Saefudin, Selasih Larasati, Miftah, dan beberapa guru lain turut bergabung.

Dalam dua tahun, Musaga Archery juga sudah panen prestasi. Di antaranya, Meli Oktaviani, siswa Kelas XI AP 2 yang mendapat emas untuk kategori Standar Nasional Bow Jarak 20 meter di Olimpiad se-Jawa Tengah yang bertempat di UMP Purwokerto. Meli Oktaviani juga menjadi Juara 1 di Tournament Bnajarnegara.

Sementara Untung Selaras, siswa Kelas XII TKR 1, mendapat Juara 1 Lomba Panahan antar SMA/SMK se Purbalingga yang dilaksanakan di Kompleks Pondok Pesantren Tunas Ilmu Purbalingga. Tidak hanya itu, Eko Tri Utomo sebagai pelatih juga sering memperoleh kejuaraan untuk kategori Barebow.

Menurut Eko, jika awalnya, Musaga Archery hanya untuk fokus untuk aktivitas ekstrakulikuler sekolah. Maka sekareng, Musaga Archery juga berupaya untuk membantu Purbalingga memiliki atlet panahan yang mumpuni.

Demi meningkatkan prestasi Kabupaten Purbalingga dan khususnya SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga di bidang olahraga panahan, Musaga Archery membangun kemitraan dengan Perpani Purbalinga, Rapalo Purbalingga, serta tim-tim panahan di wilayah Eks-Karisidenan Banyumas.

BANGKIT WISMO

One thought on “Mengenal Musaga Archery dan Targetnya di Dunia Panahan”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.