Pawarta PMI

PMI Purbalingga Gelar Pelatihan KBBM 2018

BRALING.COM, PURBALINGGA – Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga menggelar Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat di Pangkalan Udara TNI AU JB Soedirman, Wirasaba, Bukateja, 8-10 September 2018.

Kepada Braling.com, Sekretaris PMI Purbalingga, M Ichwan mengatakan, peserta pelatihan tersebut berasal dari perwakilan tiap desa yang ada di wilayah Kecamatan Kertanegara, Karangmoncol dan Rembang.

Selain itu juga ada perwakilan desa dari wilayah Kecamatan Karangreja, Bobotsari dan Karanganyar yang belum mengikutik pelatihan KBBM pada tahun 2017 kemarin. “Jadi rencananya peserta pelatihan KBBM 2018 ada 147 orang,” kata M Ichwan.

Materi pelatihan KBBM 2018 di antaranya mengenai pengorganisasian masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana, penanganan tanggap darurat, pemetaan risiko bencana, pengelolaan logistik hingga simulasi penanganan bencana.

Pemateri KBBM melibatkan pengurus PMI Purbalingga, TNI AU dan BPBD Purbalingga. Peserta Pelatihan KBBM kemudian akan menjadi bagian dari Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang aktif melakukan pemetaan dan penangan bencana di lingkungan tempat tinggalnya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.