Pawarta

Saat Anjangsana ke Kantor Kecamatan, Ini Pesan FKUB Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Mendekati penghujung akhir tahun 2018, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Purbalingga menggencarkan anjangsana ke sejumlah Kantor Kecamatan di Kota Perwira.

Dalam melakukan kunjungannya ke sejumlah kecamatan, FKUB Purbalingga mengimbau seluruh elemen masyarakat di Kota Braling ini  untuk menjaga kondusifitas. Terlebih di tahun politik.

Makhfuri, Wakil Ketua FKUB Purbalingga berkata kunjungan ke Kantor Kecamatan dan diskusi dengan merupakan langkah preventif gangguan keamanan di Purbalingga. Bahkan, di sejumlah kecamatan juga diarahkan untuk menetralisir risiko gangguan keamanan menjelang Pilkades Serentak.

Makhfuri berkata, setiap wilayah khususnya yang ada di Purbalingga memiliki potensi konflik yang sama. Menurutnya, gelaran Pileg dan Pilpres serta Pilkades Serentak, sangat mungkin terjadi gesekan yang dikompori oleh pihak tidak bertanggung jawab.

“Di semua daerah di Purbalingga potensi konfliknya sama ketika kita berbicara tentang konflik agama yang dibalutkan dengan hajat politik,” kata Makhfuri seperti dirilis Dinkominfo Purbalingga.

FKUB Purbalingga berharap semua elemen masyarakat aktif mendeteksi setiap potensi konflik yang ada. Dialog antarelemen masyarakat juga penting untuk memindai risiko konflik horizontal.

“Tolong komunikasikan dengan tokoh-tokoh yang ada. Diskusi dan komunikasi yang baik dengan semua pihak termasuk pemerintahan di daerah akan mereduksi pantikan konflik sehingga tidak menjadi besar,” kata Makhfuri.

Camat Kutasari, Sutrisno menyebut, perbedaan politik yang ada sangat beresiko menimbulkan konflik khususnya di wilayah Kutasari. Dirinya berpesan agar semua pihak tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan jangan sampai terprovokasi oleh isu yang belum tentu kebenarannya.

“Sebentar lagi Pilkades dan disusul kemudian Pileg dan Pilpres. Beda pilihan politik jangan sampai membuat kita terpecah belah. Saya mengimbau kepada semua pihak untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama,” kata Camat Kutasari, Sutrisno.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.