smp n 1 mrebet
Pawarta

SMP Negeri 1 Mrebet Sosialisasikan Pengelolaan Sampah

BRALING.COM, PURBALINGGA – SMP Negeri 1 Mrebet terus berupaya mengurangi masalah sampah di lingkungan masyarakat. Salah satunya dengan terus melakukan sosialisasi pengelolaan sampah kepada siswa.

Harapannya, kesadaran hidup bersih siswa tidak hanya berdampak pada penanganan sampah di lingkugan sekolah. Akan tetapi, terbawa dalam perilaku siswa di tempat tingganya masing-masing.

Untuk melakukan sosialisasi kepada 780 siswa dan guru sekolah, SMP N 1 Mrebet menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Purbalingga untuk menyosialisasikan penanganan sampah di lapangan sekolah, Jumat 31 Agustus 2018 kemarin.

Kepala SMP N 1 Mrebet, Bambang Riadiyanto, SPd mengajak seluruh warga sekolah untuk peduli dan menumbuhkan kesadaran mengelola sampah untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah.

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu langkah positif untuk menyiapkan diri menjadi sekolah Adi Wiyata,” kata Bambang Riadiyanto dalam keterangan pers yang diterima Braling.com.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Berbahaya Beracun dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PSLB3PKLH) dari DLH Purbalingga, Sukirto SPd MSi berkata bahwa jika sampah maka selamanya akan menjadi sampah dan akan jadi malapetaka.

smp n mrebet

Secara sederhana, jelas Sukirto, sampah dipilah menjadi organik dan anorganik. Sampah yang anorganik seperti kertas dan plastik bisa difungsikan kembali untuk meminimalisir jumlah sampah. “Harus ada perlakuan agar sampah tidak menumpuk,” kata Sukirto.

Solusinya, jelas dia, ada pada konsep Reuse, Reduce, Recycle atau 3R. Reuse adalah memanfaatkan sampah yang masih bisa digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lain. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Sukirto juga membawa beberapa barang dari hasil kreatifitas daur ulang sampah.
Di akhir acara salah satu barang tersebut diserahkan kepada siswa sebagai kenang-kenangan dan berharap menjadi inspirasi siswa agar mulai meminimalkan sampah dengan program 3R.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.